post

BEKRAF Developer Day 2019 – Solo

        BEKRAF Developer Day 2019 – Solo adalah acara yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif yang bekerja sama dengan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Google Developer Expert, Intel Innovator, Komunitas ID-Android, Samsung Developer Warrior, dan perusahaan – perusahaan teknologi di Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Peluang dan Tantangan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari mengatakan, era industry 4.0 terus mmenghadirkan banyak perubahan di segala bidang. Setiap sector industry sudah beradaptasi dan menerima teknologi digital sebagai bagian dari setiap aktivitasnya.        Acara ini menghadirkan sejumlah pelaku, praktisi serta expert industry digital Indonesia. Seperti Andi Taru Nugroho Nur Wismono CEO-Educa Studio, Irsan Suryadi Saputra Cloud Seller-IMB, Resha Adi Pradipta Head of Bussiness Development-Mobile Premiere League, Adrian Prasanto VP-Communications Indosat Ooredoo, dan William Florance Head of Education Program APAC-Google yang menjadi keynote pada BDD Solo 2019.
BDD - Solo 2019

BDD – Solo, Andi Taru

        Andi Taru adalah COE-Educa Studio yang merupakan perusahaan startup game edukasi untuk anak – anak. Di era milineal sekarang anak anak sudah banyak yang terpapar akan adanya gadget dengan hal tersebut  akan menjadi sebuah peluang startup dengam membuat game yang menarik untuk anak – anak. Game yang dibuat mengangkat cerita rakyat yang ada di Indonesia selain membuat game startup tersebut juga membuat majalah digital yang juga menggambil materi dari cerita rakyat.             Resha Adi Pradipta menyampaikan bahwa game di era sekarang ini berkembang sangat pesat menurut survey dari MPL rata – rata anak sampai dengan remaja bahkan orang tua pun bermain game 66 Menit perhari. MPL adalah aplikasi turmanen game terbesar di Indonesia, saat ini sudah ada 600 ribu member dan 20 game sudah terdaftar di MPL. MPL adalah aplikasi pendukung E-Sport yang diadakan oleh pemerintah untuk memenejemen pemain dan hadiah yang didapatkan untuk setiap turnamen game. Hadiah yang didapat juga dapat dicairkan melalui Gopay karena pembayaran registrasi turnamen bekerja sama dengan Gopay.
BDD - Solo 2019

BDD – Solo 2019, Mr William Florance

         Kemudian untuk sesi yang terakir disampaikan oleh Mr William Florance dari google adalah tentang E-Conomy SEA. Mr Florance menyampaikan bahwa perputaran ekonomi digital pada tahun 2019 di asia tenggara dan asia selatan mencapai 200 milyar rupiah. survey dari Gapura digital bisnis ukm mengengah kebawah juga sudah 80% menggunakan pemasaran online hal tersebut menambah angka ekonomi digital semakin meningkat. Konten – konten kreatif yang dikemas menjadi vidio (Youtuber) juga merupakan salah satu ekonomi terbesar pada tahun 2019.

Sesi Pararel BDD – Solo ada 3 kelas

1.  Kelas Aplikasi Android

        Kelas android di sampaikan oleh Najib Abdillah (External Code Reviewer – Dicoding Indonesia) dengan pembahasan Tips dan Trik Android Material Design, Nur Rohman (Associate Android Developer, Head of Reviewer – Dicoding Indonesia) dengan pembahasan UI Prototyping dari Kaca Mata Developer.

2.  Kelas Game

        Kelas Game Mochammad Rizal Saputra (Indie Game Developer – NOXTAGE) Berkarir di Pengembangan Game dan Aflacha Imadida Rachmata (Game Developer) Entertaiment Game vesus Serious Game.

3.  Kelas Security

        Kelas security disampaikan oleh Bapak Franciscus Xaveerius Taro (CEO, Founder – PT. Tristar Kalama Teknologi) dengan tema Berpikir dan Bertindak Layaknya Hacker dan Bapak Anton Setiawan (Direktur Proteksi Ekonomi Digital – Badan Siber dan Sandi Negara) dengan tema Pemrograman yang Aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *