post

Bahasa Pemrograman Python

              Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang cocok untuk junior programer, pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido Van Rossum. Mudah dipelajari karena struktur syntaknya rapi dan mudah dipahami. Banyak digunakan untuk membuat program website, mobile dan IoT.

              Kali ini GDG Yogyakarta mengadakan sebuah workshop pemrograman python yang dibawakan oleh Bapak Sigit Dewanto. Bahasa pemrograman Python adalah bahasa yang populer di dunia dan merupakan pemrograman yang open source alias gratiss.

              Menurut survey StackOverflow.com tahun 2017 Python adalah bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang. Dokumentasi yang banyak ditemukan membuat bahasa ini semakin populer.?Banyak perusahaan yang membutuhkan programer yang mempunyai kemampuan bahasa Pyton memjadi nilai tambah untuk kepopuleranya. Plugin dan library Phyton lumayan banyak sehingga memudahkan programer dalam membuat sebuah sistem.

              Biasanya Phyton digunakan untuk pemrograman saintec. ?Beberapa library python yang digunakan untuk komputasi saintec seperti Numpy, Scipy, Pandas dan Sclkit learning. Aplikasi web scraping juga dapat dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python.

               Scraping adalah mengambil data text dari website dalam bentuk xml yang kemudian data tersebut akan di mining untuk mendapatkan informasi baru yang bermanfaat. Python juga digunakan untuk membuat aplikasi analitik yang lain.?Digunakan untuk Natural Language Processing (NLP) yaitu cabang ilmu AI yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Bahasa natural adalah bahasa yang secara umum digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi satu sama lain.

               Python dapat juga dikembangkan untuk membuat aplikasi ERP ( Enterprise Resource Planing) seperti ODOO adalah aplikasi ERP yang dikembangkan menggunakan pemrograman Python.

               Untuk memulai belajar bahasa pemrograman ini anda dapat mengunjungi komunitas pemrograman Python www.python.or.id dan dapat bergabung dengan grup telegram telegram.me/PythonID.

               Saran yang disampaikan dalam workshop ini adalah jangan fanatik terhadap suatu bahasa pemrograman, juga belajar bahasa pemrograman yang lain untuk menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi sekarang, Berkontribusi jika anda sudah menguasai python atau bahasa pemgoraman yang lain. Pikirkan untuk kontribusi dengan membuat library dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *