post

          OpenStack adalah sebuah layanan sistem operasi komputasi awan opensource yang dapat digunakan untuk memanagemen sumber daya komputasi besar, penyimpanan dan jaringan di semua data center dalam satu tampilan dashboard webbase ( Infrastructure as a service - IaaS ). 

         Server adalah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server yang baik akan meningkatkan kualitas aplikasi website yang akan dibangun semakin baik spesifikasi server website yang dibagun juga semakin baik. 

          Cloud Server adalah server dedicated yang digunakan untuk menyimpan data – data aplikasi yang akan dibuat, dengan menggunakan cloud server kita tidak perlu membuat server primitif yang memerlukan biaya banyak.  ada beberapa macam server yang dikenal sampai saat ini adalah IaaS, PaaS dan SaaS.

          Fungsi OpenStack ini diharapkan dapat mempermudah para administrator server dan developer untuk berkerja dikelola oleh organisasi non profit dan pengembangannya dibawah lisensi Apache 2.0. Organisasi OpenStack sendiri didirikan pertama kali sekitar bulan September 2012, dan hingga saat ini telah ada sekitar 150 perusahaan yang bergabung dengan proyek ini.

         OpenStack disupport oleh banyak perusahaan seperti Red Hat, Linix, AMD, HP, Suse, Intel, Cisco dan masih banyak lagi perusahaan yang bergabung. Beberapa service yang ada di OpenStack yaitu Nova untuk computing, Neotron untuk networking, Swift untuk objact storage, Glance adalah image service, dan cinder untuk blok storage.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *