post

“Strategic Planning for Crafting SMB Website”

                Sukses menyelenggarakan Devcussion 1.0 pada bulan Februari lalu, perusahaan  web-hosting Niagahoster kembali mengadakan Devcussion 2.0. Devcussion adalah cara Niagahoster mempertemukan pegiat IT,  web-developer web-professional dengan pakar di bidang IT untuk mempelajari topik dan ilmu baru.

                Banyaknya lulusan IT tetapi tidak bisa berkembangnya skill dan pola pikir pegiat IT adalah masalah yang serius di era 4.0 sekarang ini. Devcussion 2.0. yang diadakan mengusung tema “Web Professional: The Bridge for SMB s Online Success ”  mengupas tentang bagaimana teknologi berperan untuk UKM sampai ke level Enterprise yang lebih kompleks. Pakar yang memberikan materi adalah orang yang sangat kompeten di bidangnya yaitu Bapak Peter J Kambay, Ketua umum PHP Indonesia yang menjadi komunitas terbesar di Indonesia sekarang ini dan seorang Manager IT yang kompeten bersama dengan Bapak Ivan Kristianto, WordPress Enginer.

                “Strategic Planning for Crafting SMB Website” adalah tema yang disampaikan oleh Bapak Peter J Kambay. Level seorang programmer khususnya dibedakan menjadi beberapa tingkatan yaitu novice > advenced beginer > competent > profecient > expert.

1. Novice

                Seorang yang dapat membuat sebuah tampilan website “Hello Wolrd”. Orang yang memulai belajar program website dengan mempelajari konsep dasar untuk membuat sebuah tampilan website yang sangat sederhana.

2. Advenced Beginer

                Seseorang yang dapat mengaplikasikan kode html dengan css untuk membuat tampilan website yang menarik. dimana seorang mempelajari hal – hal yang dibutuhkan untuk membuat interface yang rapi dan responsive.

3. Competent

                Programer yang dapat membuat sebuah company profile masuk dalam golongan programer competent. Programer yang mulai berpikir untuk memasarkan dirinya sendiri dengan membuat halaman Blog CV. Mampu membuat aplikasi sederhana mulai memikirkan konsep – konsep code yang baik dan mencari referensi sebanyaknya.

4. Proficient

                Programer yang pola berpikirnya sudah mencapai bagaimana caranya membuat produk yang bernilai jual. Membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk usaha kecil dimana harus mulai memikirkan bagaimana aplikasi yang userfriedly dan aman untuk menunjang proses bisnis. Level ini pola pikir programer adalah “Think to make a product”, membuat cms produk sehingga bisa digunakan berulang kali dan mengemas aplikasi menjadi bagus.

5. Expert

                Seorang yang expert adalah orang yang dapat memenejemen sebuah tim, menganalisis dan membuat rancangan aplikasi. Pada level Expert salah satunya adalah Manager IT yang memikirkan bagaimana memecah sebuah masalah besar menjadi kecil – kecil dan dibagikan untuk tim. Mampu bagaimana melatih anggota tim dengan baik.

                Hal yang sangat perlu diperhatikan menjadi seorang programmer dan bagaimana memasarkan produk yang pertama adalah kenalilah diri sendiri, kenalilah apa yang kamu kembangkan, dan mampu menganalisis aplikasi yang dikembangkan.

Devcussion 2.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *